Indonesia - English

MIMPI NEBUKADNEZAR

 

 

 

MIMPI NEBUKADNEZAR

 

Daniel 2:31-45 (TB)  Ya raja, tuanku melihat suatu penglihatan, yakni sebuah patung yang amat besar! Patung ini tinggi, berkilau-kilauan luar biasa, tegak di hadapan tuanku, dan tampak mendahsyatkan.

Adapun patung itu, kepalanya dari emas tua, dada dan lengannya dari perak, perut dan pinggangnya dari tembaga,

sedang pahanya dari besi dengan kakinya sebagian dari besi dan sebagian lagi dari tanah liat.

Sementara tuanku melihatnya, terungkit lepas sebuah batu tanpa perbuatan tangan manusia, lalu menimpa patung itu, tepat pada kakinya yang dari besi dan tanah liat itu, sehingga remuk.

Maka dengan sekaligus diremukkannyalah juga besi, tanah liat, tembaga, perak dan emas itu, dan semuanya menjadi seperti sekam di tempat pengirikan pada musim panas, lalu angin menghembuskannya, sehingga tidak ada bekas-bekasnya yang ditemukan. Tetapi batu yang menimpa patung itu menjadi gunung besar yang memenuhi seluruh bumi.

Itulah mimpi tuanku, dan sekarang maknanya akan kami katakan kepada tuanku raja:

Ya tuanku raja, raja segala raja, yang kepadanya oleh Allah semesta langit telah diberikan kerajaan, kekuasaan, kekuatan dan kemuliaan,

dan yang ke dalam tangannya telah diserahkan-Nya anak-anak manusia, di mana pun mereka berada, binatang-binatang di padang dan burung-burung di udara, dan yang dibuat-Nya menjadi kuasa atas semuanya itu — tuankulah kepala yang dari emas itu.

Tetapi sesudah tuanku akan muncul suatu kerajaan lain, yang kurang besar dari kerajaan tuanku; kemudian suatu kerajaan lagi, yakni yang ketiga, dari tembaga, yang akan berkuasa atas seluruh bumi.

Sesudah itu akan ada suatu kerajaan yang keempat, yang keras seperti besi, tepat seperti besi yang meremukkan dan menghancurkan segala sesuatu; dan seperti besi yang menghancurluluhkan, maka kerajaan ini akan meremukkan dan menghancurluluhkan semuanya.

Dan seperti tuanku lihat kaki dan jari-jarinya sebagian dari tanah liat tukang periuk dan sebagian lagi dari besi, itu berarti, bahwa kerajaan itu terbagi; memang kerajaan itu juga keras seperti besi, sesuai dengan yang tuanku lihat besi itu bercampur dengan tanah liat.

Tetapi sebagaimana jari-jari kaki itu sebagian dari besi dan sebagian lagi dari tanah liat, demikianlah kerajaan itu akan menjadi keras sebagian dan rapuh sebagian.

Seperti tuanku lihat besi bercampur dengan tanah liat, itu berarti: mereka akan bercampur oleh perkawinan, tetapi tidak akan merupakan satu kesatuan, seperti besi tidak dapat bercampur dengan tanah liat.

Tetapi pada zaman raja-raja, Allah semesta langit akan mendirikan suatu kerajaan yang tidak akan binasa sampai selama-lamanya, dan kekuasaan tidak akan beralih lagi kepada bangsa lain: kerajaan itu akan meremukkan segala kerajaan dan menghabisinya, tetapi kerajaan itu sendiri akan tetap untuk selama-lamanya,

tepat seperti yang tuanku lihat, bahwa tanpa perbuatan tangan manusia sebuah batu terungkit lepas dari gunung dan meremukkan besi, tembaga, tanah liat, perak dan emas itu. Allah yang maha besar telah memberitahukan kepada tuanku raja apa yang akan terjadi di kemudian hari; mimpi itu adalah benar dan maknanya dapat dipercayai."

Dimulai dengan system Monarkhi, kekuasaan seorang raja begitu besar dan banyak raja raja besar seperti Daud, Salomo dan Nebukadnezar yang tercatat begitu dahsyat kekuasaan ya bagaikan emas.

Setelah raja raja besar dilanjutkan ke raja raja yang lebih kecil. Banyak Kerajaan kecil kecil yang pernah ada di muka bumi ini, ini dilambangkan sebagai perak. Mereka mengenakan baju zirah perak yang menutupi dada mereka ketika berperang.

Setelah itu datanglah zaman Imperialisme menguasai seluruh dunia demi memenuhi kebutuhan perut mereka. Mereka berperang dengan tembaga untuk menguasai bumi, mereka membuat meriam bedil, granat serta peluru tembaga untuk mengalahkan dan menjajah negara negara yang lebih lemah.

Untuk mengusir penjajah maka bangkitlah para pemimpin yang otoriter bagaikan besi, keras. Mereka selain menekan keluar juga ke dalam. Kemuliaan besi jauh lebih rendah dari emas, perak dan tembaga, tetapi kekerasannya lebih dari ketiga logam mulia tersebut, bahkan besi bukanlah logam mulia. Pemimpin yang memimpin banyak bukan dari keluarga raja raja atau bangsawan tapi dari rakyat biasa yang adalah pejuang yang tangguh biasanya memiliki jasa atau mengclaim dirinya berjasa  untuk perjuangan rakyat.

Karena kekuasaan dan kekerasan sikap sang otoriter dianggap terlalu besar dan berbahaya, maka rakyat berinisiatif melemahkan kekuatan sang otoriter sehingga terhembuslah system demokrasi. System demokrasi walaupun besi kuat karena dipilih langsung oleh  mayoritas rakyat tapi ada unsur tanah liat nya 50% yang melemahkan kekuatan dari besi sehingga justru lemahnya di bagian kaki dan jari jarinya. Justru system inilah yang saat ini dianggap terbaik di dunia. Benarkah demikian? Inilah system yang dibuat manusia justru banyak memancing gejolak di mana mana karena semua orang berhak bersuara dan akibatnya banyak orang yang tidak lurus jalannya menjungkirbalikkan  situasi demi mencapai kekuasaan . Ternyata  system buatan manusia masih sangat banyak sisi lemahnya. Karena keangkuhan manusia, mereka mulai membangun babelnya sendiri sendiri. Tuhan melihat itu tentulah sedih. Maka di akhir zaman, Tuhan akan hancurkan semua system pemerintahan yang ada di dunia ini dengan melemparkan batu penjuru yang merobohkan patung yang megah yang ada dalam mimpi raja Nebukadnezar.Mungkin maksudnya kiamat, Langit dan bumi yang lama akan berlalu dan datanglah langit dan bumi yang baru Kerajaan 2000 tahun damai. Tidak ada lagi peperangan, tidak ada lavi dosa, irihati, kebencian dan kemarahan. Langit dan bumi yang tidak mengenal penderitaan, di dalamnya Anak Domba Allah yang akan memerintah sebagi Ratu Adil bersama dengan orang orang pilihanNya yang telah mempersiapkan diri. Yang tidak pernah mempersiapkan diri jangan pernah mimpi ikut memerintah bersama sama Anak Domba Allah. Tidak ada alasan sedikitpun mengangkat pejabat yang tidak performance di dunia ini apalagi di langit dan bumi yang baru syaratnya jauh lebih tinggi dari yang dunia berikan.

Dari pihak Tuhan akan tiba waktunya bukan hasil usaha manusia akan tiba Kerajaan 1000 tahun damai.

Matius 21:42-43 (TB) 

42) Kata Yesus kepada mereka: "Belum pernahkah kamu baca dalam Kitab Suci: Batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan telah menjadi batu penjuru: hal itu terjadi dari pihak Tuhan, suatu perbuatan ajaib di mata kita.

43) Sebab itu, Aku berkata kepadamu, bahwa Kerajaan Allah akan diambil dari padamu dan akan diberikan kepada suatu bangsa yang akan menghasilkan buah Kerajaan itu.

Ingat ayat 43 ingat pekerja yang mengubur talentanya, dia pikir itu melakukan kebaikan karena dia tidak curi untuk kepentingan sendiri talentanya. Padahal sang Tuan bukan saja memerintahkan menyimpan untuk tidak hilang tapi harus diusahakan, diinvestasikan agar menghasilkan lebih banyak. Tetapi hamba yang tidak setia ini tidak melakukan karena dia terlalu sibuk urusan sendiri. Akan tiba waktu pertanggungjawaban itu dan hamba yang tidak setia itu menyesal dan terlambat. Talenta itu diambil dan diberikan kepada hamba yang paling setia melipatgandakan talenta. Dan setiap talenta berbicara 1 kota pemerintahan. Jadi pemilik 5 talenta mendapatkan keuntungan 5 talenta dan ditambah 1 talenta menjadi 11 talenta. Dia berhak memeri tah atas 11 kota. Wouw pewahyuan ini dahsyat sekali.

Tuhan Yesus akan datang memerintah atas bumi ini bersama sama dengan suatu bangsa yang menghasilkan buah Kerajaan itu. Miliki buah dari hasil pertobatanmu.

Daniel 2:45 (TB)  tepat seperti yang tuanku lihat, bahwa tanpa perbuatan tangan manusia sebuah batu terungkit lepas dari gunung dan meremukkan besi, tembaga, tanah liat, perak dan emas itu. Allah yang maha besar telah memberitahukan kepada tuanku raja apa yang akan terjadi di kemudian hari; mimpi itu adalah benar dan maknanya dapat dipercayai."

Mimpi itu benar dan maknanya bisa dipercaya. Batu penjuru itu akan menjadi gunung kemuliaan Allah yang memunahkan segala kemuliaan yang pernah  ada di bumi ini bagaikan sekam yang tertiup  angin.

EPA 7082018

www.ipmfoundation.org

 

 

Berita Terkait

Harga Velg Mobil Velg Mobil Modifikasi Mobil Spooring Mobil Finish Balance Harga Ban