Indonesia - English

Memaximalkan Hidup

MEMAXIMALKAN HIDUP

 

Kenapa banyak orang tidak mencapai prestasi yang maksimal di dalam kehidupannya? Ada beberapa hal yang perlu kita evaluasi :

1) FOCUS KITA

Godaan untuk kita bekerja keluar dari focusnya sangat banyak. Misalnya kita terlalu aktif bermedia social. Bermedsos memang cukup menyenangkan, tetapi kita harus belajar penguasaan diri yang benar, jangan sampai menyita terlalu banyak waktu dan pemikiran kita, karena sering sekali kita tergoda untuk  memasang status atau merespon setiap status yang ada. Mari kita belajar ambil waktu waktu istirahat saja bila kita sedang bekerja. Tidak menjadi persoalan kita menjawab agak terlambat yang penting pekerjaan kita jangan kehilangan focus untuk dikerjakan secara tuntas.

 

Godaan lainnya adalah kita tergoda melakukan terlalu banyak hal, padahal tidak terlalu penting dilakukan. Focuslah hanya melakukan hal hal utama agar tujuan bisa tercapai dengan cepat dan effektif. Sadarilah bahwa pekerjaan kita memiliki frame waktu, jadi latihlah diri kita dengan disiplin menggunakan waktu dan belajar menetapkan target. Jangan pernah bekerja tanpa ada batasan waktu karena kita sedang berlomba dengan usia kita. Jangan sampai tenaga kita sudah habis tapi pekerjaan kita belum juga selesai.

 

2) PENGIDENTIFIKASIAN MASALAH

Problem berikutnya adalah banyak orang gagal mengidentifikasi permasalahan sehingga tidak menemuka  formula yang tepat didalam menjalankan pekerjaannya.

 

Dengan kita mengidentifikasi permasalahan, maka kita akan berhasil membuat peta (mapping) dan mengukur kekuatan kita. Kita tidak perlu melakukan pekerjaan yang bukan kekuatan kita, namuan ketika kita menemukan kekuatan kita, kita perlu mempertajamnya agar kita bisa memenangkannya.

 

3. MENGGALI INTUISI KITA

Dengan menggali intuisi kita, maka kita akan menemukan banyak sekali terobosan.

 

Dr. James Watson, peraih nobel dan salah satu penemu teori DNA memberi resep menemukan intuisi dengan sangat baik. Ajukan pertanyaan pada dirimu sendiri, carilah jawaban dengan merenungkan dan apabila kita menemukan intuisi sebagai jawabannya segera catat Intuisi kita karena kita menunda mencatatnya, intuisi kita akan hilang selamanya. Jangan kaget kalau ternyata intuisi kita akan membuat kita lebih berhasil, jangan menunda, segera lakukan.

 

4) PEMAHAMAN TEAMWORK

 

Teamwork kita memiliki berbagai latarblakang yang berbeda, baik budaya, pendidikan dan lingkungan yang membentuk membuat daya penangkapan akan berbeda beda pula. Kendala ini harus diatasi dengan intensnya komunikasi, mari kita terus belajar mengkomunikasikan dengan tepat sehingga pemahaman bisa di support dengan baik oleh teamwork.

 

Komunikasi dengan teamwork adalah penting, agar setiap individu di dalam teamwork memahami dengan tepat tugas dan kewajiban (tanggung jawab)nya dan mulai bekerja secara optimal.

 

5) SELALU LAKUKAN EVALUASI

Focus dan refocus, diawali dengan focus diiringi dengan evaluasi agar bisa kembali refocus. Seperti halnya orang membuat video clip, setiap kali cameraman pindah angle, cameraman perlu menyesuaikan focusnya kembali, artinya melakukan refocus agar gambar yang di dapatkan bisa terlihat tajam, juga memperhatikan diafragma pencahayaan agar bisa mendapatkan effek suasana yang sesuai situasi.  Suasana pagi, siang dan malam tentu memiliki efek pencahayaan yang berbeda. Begitu pula suasana indoor dan outdoor, semua memerlukan kejelian dan ketrampilan seorang cameraman profesional.

 

Mari kita melakukan evaluasi agar pekerjaan kita tidak sebagai seorang amatir tetapi seorang profesional, itulah cara dan jalan yang akan membawa kita ke tujuan yang lebih utama.

 

EPA 22/7/2018

www.ipmfoundation.org

Berita Terkait

Harga Velg Mobil Velg Mobil Modifikasi Mobil Spooring Mobil Finish Balance Harga Ban