Indonesia - English

Libur Panjang

 

LIBUR PANJANG

Bagi Anda yang akan berpergian, Anda perlu menyiapkan 3 bagian :

1) Keamanan

2) Kebutuhan

3) Kesehatan

Ketiga hal ini perlu Anda siapkan untuk yang akan Anda tinggalkan maupun apa yang Anda akan bawa.

Untuk yang Anda akan tinggalkan

1) Keamanan

Banyak kebakaran justru terjadi saat rumah kosong.

Pastikan semua sambungan listrik terlepas dalam keadaan off. Charger HP yang tidak dicabut dari stop contact sering jadi pemicu kebakaran, apalagi kalau sambungannya longgar akan menimbulkan panas dan terbakar.

Gas Elpiji menghindari kebocoran cabut selangnya. Mungkin kebocoran kecil dan tidak terlihat atau nyaris tidak berbau tapi kalau terus teruaan maka akan sangat berbahaya apabila terjadi arus pendek listrik.

Kulkas kalau Anda pergi lebih dari 3 hari lebih baik dikosongkan dan dimatikan saja. Ini juga adlah kesempatan Anda membersihkan sisi dalam kulkas dan membuang barang barang yamg tidak dipakai dan expired.

Jangan lupa infokan ke security berapa lama Anda akan tinggal agar dibantu menjaga lebih baik.

2) Kebutuhan

Kalau Anda punya binatang peliharaan perlu Anda titipkan. Aquarium dan sebagainya. Ada kejadian orang meninggal anjingnya selam 9 hari ternyata makanan tidak cukup menahan lapar anjing selama itu, sekembalinya dr liburan sang majikan di makan anjing peliharaannya hingga tewas mengenaskan. Anjing jinak karena lapar menjadi buas.

3) Kesehatan

Sampah2 dan sisa makanan harus tidak ada karena tikus bisa marah ketika tidak menemukan makanaan. Mungkin Anda akan menertawakan berkata rumah saya tidak ada tikus. Belum tentu kadang tikus sangat cerdik bersembunyi. Tutup semua lubang yang memungkinkan tikus masuk atau memanjat.

Untuk keperluan kita pergi :

1) Keamanan

Pastikan kendaraan yang kita gunakan dalam kondisi sehat, servicelah terlebih dahulu. Kalau Anda tidak menggunakan kendaraan, pastikan semua yang menyangkut keamanan Anda, ticket, passport, HP charger semua sudah terbawa.

2) Kebutuhan

Pastikan semua kebutuhan anggota keluarga tidak ada yang tertinggal.buat checklist untuk semuanya. Perhatian khusus kebutuhan untuk anak anak kecil dan orang tua.

3) Kesehatan

Obat obat, vitamin, kartu asuransi dan sebagainya jangan tertinggal.

Berdoalah, minta sukacita dan perlindungan di dalam Tuhan.

Jangan terlalu sedih atau terlalu gembira. Tetap jagalah hatimu. Nikmati liburan dengan wajar jangan seperti orang mabuk, syukuri...

Ada saatnya kita harus bekerja keras tapi  ada saatnya kita juga harus berlibur, melepas kepenatan dan stress, jadikan waktu terbaik (golden moment) memperbaiki kualitas komunikasi dan kebersamaan dalam keluarga.

Tetap doakan perjuangan bangsa dan negara untuk NKRI tetap jaya dan beri simpati, ucapan bila perlu makanan kepada TNI dan Polri yang bekerja extra untuk hari hari ini. Dan jangan lupa bersilahturahmi dengan mengucapkan lebaran kepada saudara, sahabat, teman kita yang merayakan.

Have a nice holiday.

 

EPA 6/6/18

www.ipmfoundation.org
Libur Panjang http://ipmfoundation.org/berita-687-libur-panjang.html#.Wxo3Uz5juT4.whatsapp

 

 

Berita Terkait

Harga Velg Mobil Velg Mobil Modifikasi Mobil Spooring Mobil Finish Balance Harga Ban