Indonesia - English

Perubahan

PERUBAHAN

Menjadi tua sudah pasti. Fisik sudah tidak seperti ketika kita muda. Apakah Anda masih berpikir untuk sombong kalau ternyata kita sendiri juga akan menjadi orang yang serba terbatas karena faktor usia, kesehatan dan lingkungan. Jadi persiapkan hati dan mental kita untuk menjalani hidup dengan bijak.

Dalam acara malam penghiburan meninggalnya Màmi dari kak Rose Leo atau mertua elder Eddy Leo, saya bertemu banyak sekali teman² gereja Abbalove. Ada beberapa sudah lebih 20 tahun tidak jumpa. Benar semua sudah berubah, usia tidak bisa dibohongi. Ada yang sehat, ada yqng kurang sehat, bahkan beberapa sahabat kami ada yqng meninggal dunia.

Dalam pesannya Elder  Sofyan malah bilang " Kita semua telah berubah menjadi tua; waktu saya masih muda rambut saya berombak, sekarang onbaknya surah hilang, semuanya sudah jadi pantai". Jadi perubahan itu alami dan tidak ada orang yang bisa menghindari perubahan.  

Hari hari ini kita juga mengalami perubahan dalam berlalu lintas. Dengan diberlakukan genap ganjil memasuki beberapa pintu tol di Jabodetabek maka orang yang tidak memiliki gonta ganti mobil terpaksa harus berangkat lebih subuh atau kalau tidak mereka memilih jalan berputar melalui pintu tol yang tidak terkena aturan genap ganjil. Dampaknya sejak subuh benar lalu lintas sudah lebih ramai dari sebelumnya. Ada bagusnya memecah kosentrasi kepadatan. Tapi bsgi ysng tidak pandai menyiasati berdampak waktu istirahatnya jsdi kurang.

Orang yang membuat aturan perubahan itu sangat membawa dampak luas ke masyarakat. Karena itu perlu memperhatikan hal hal seperti :

1) Dibuat oleh orang yang ahli di bidangnya dan mendengarkan juga pemasukan dari praktisi di bidangnya. Sayangnya sangat banyak aturan dibuat di negri ini bukan oleh ahlinya, sehingga pejabat yagn menjalankannya menjadi bingung.

2) Dasar /fondasi peraturan janganlah kemarahan dan ingin menghukum, tapi analogykan orang tua dengan anaknya. Mana ada orang tua yang sengaja membuang anaknya ketika anaknya berbuat salah. Mereka akan bantu menyelamatkan sang anak. Atau seorang ibu ketika bayinya buang air, bukan bayinya yang dibuang tapi pempes atau popoknya yang diganti dan sang bayi dibersihkan. Ibu yang jahatpun akan tetap melakukan hal ini. Jadi dalam membuat aturan kalau kita menyadari aturan ini ada kelemahannya perlu ada pasal yang flexible untuk akomodasi kelemahan itu. Anak membuat kesalahan juga karena kurang pengetahuan atau bandel, izinkan dan beri kesempatan memperbaiki diri. Banyak anak yang akhirnya bisa jadi anak baik.

3) Pastikan pembuat aturan orang yang sehat jasmani dan rohani.

4) Jangan membuat aturan dengan plin plan / berubah rubah, karena itu pastikan semua telah terakomodasi dengan benar sambil disempurnakan. Peraturan yang berubah rubah akan banyak memakan korban.

5) Peka dengan situasi zaman now.

6) Aturan yang dibuat harus memperhatikan keragaman yang ada dan tidak menjadi sumber polemik baru.

Selamat berubah dan selamat berkarya bagi bangsa dan negara Tuhan memberkati.

EPA 18-04-2018

Berita Terkait

Harga Velg Mobil Velg Mobil Modifikasi Mobil Spooring Mobil Finish Balance Harga Ban