Indonesia - English

JANGAN GALAK!

JANGAN GALAK

Beberapa minggu lalu saya bertemu seorang jomblo muda, lelaki yang cukup keren dan saya bertanya tentang seorang gadis yang masih jomblo juga, saya tanya bagaimana, apakah kamu suka sama dia? Dia tersipu malu dan berkata bahwa si gadis galak ya Pak? Saya tersentak dan saya pikir saya akan membahas masalah gadis galak di hari ini. Jangan dulu bangga karena dengan galakmu, engkau memiliki kekuasaan dan disegani rekan kerjamu, karena justru galakmu telah menjadi brandingmu dan membuat lelaki tidak berani mendekatimu. Saya pernah membaca di salah satu buku Edwin Cole, kalau tidak salah Pria Sejati, di sana dikatakan bahwa mayoritas pria sebenarnya pengecut. Mereka takut ditolak wanita, apalagi kalau digalakin, mereka akan cari langkah seribu meninggalkan wanita idamannya.

Selasa 5 November 2014 akhirnya karena alasan saya kasihan dengan gadis yang dibilang galak itu, saya panggil si gadis dan saya sampaikan kalau dia perlu merubah kesan galak ke kesan yang lemah lembut. Saya berkata pada dasarnya lelaki itu pengecut, kalau kesan pertama galak, walau dia suka, dia bisa mundur dengan teratur. Karena dia melihat teladan ibunya di rumah yang menggalakin Bapaknya dan dia ada trauma dan takut memiliki istri galak, takut mengalami nasib yang sama seperti Bapaknya. Istri dominan, Anda harus mulai berpikir ulang, karena karakter ini akan merusak jiwa anakmu sehingga dia takut berumah tangga. Berilah teladan yang baik. Saya baru sadar ketika suatu sore ada anak kecil yang digoda mamanya Stephen kalau kamu gede cari istri yang pintar cari duit seperti mama? Stephen menjawab.... pret...... Gak mau! Mamanya bertanya kenapa tidak mau? Dengan spontan dan polos Stephen menjawab, Mama jahat sama Papa. Saya yang mendengarkan gurauan ini tersadar, ini adalah spontanitas anak kecil, ternyata alam bawah sadar dia merekam semua kejadian di dalam kediamannya si anak kecil ini telah membentuk pola Mama jahat sama Papa, jadi aku kalau cari istri jangan seperti Mama, artinya seorang Ibu telah gagal memberi teladan kebaikan kepada anaknya. Wanita tidak hanya perlu jaga kesan pertama tidak galak atau ketus, tapi jadikan karakter yang lembut, murah senyum, suka membantu menjadi karakter Anda.

Kalau hanya sekedar kesan pertama, itu adalah pencitraan, bukan pembaharuan budi. Seluruh karaktermu harus berubah sehingga kamu terlihat cantik karena benar benar memiliki karakter cantik, itulah inner beauty. Seorang pria pasti cari istri yang cantik, tapi itu nomor dua, nomor satunya adalah istri yang cantik secara inner beauty, karakter yang cantik, kalau komunikasi nyambung, perhatian, hormat, menghargai, suka membantu, suka melayani, mengerti keperluan si pria. Kalau kamu praktekkan hal itu, saya yakin dalam waktu singkat pria itu pasti bisa jatuh hati ke kamu. Dia terkejut dan berjanji berubah, ternyata memang perlu orang lain membantu melihat kelemahan kita, agar kita bisa meng upgrade diri. Jadi buang kesan galak itu, karena akan merugikan kita sendiri, belajarlah untuk menumbuhkan buah roh dalam kehidupan kita, karena buah roh adalah tanda seseorang itu dewasa secara rohani.

Galatia 5:9, 18-26 9Sedikit ragi sudah mengkhamirkan seluruh adonan. 18Akan tetapi jikalau kamu memberi dirimu dipimpin oleh Roh, maka kamu tidak hidup di bawah hukum Taurat. 19Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu, 20penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, 21kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu — seperti yang telah kubuat dahulu — bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah. 22Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, 23kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu. 24Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya. 25Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh, 26dan janganlah kita gila hormat, janganlah kita saling menantang dan saling mendengki. Sikap galak itu bagaikan ragi yang akan mengkhamirkan seluruh citramu, pasti itu akan lebih banyak merugikan dirimu dari pada memberi faedah engkau disegani, bukankah Firman Tuhan juga memerintahkan kita hidup oleh roh bukan oleh daging yang membawakebinasaan. Citra galak itu juga adalah gambaran kebinasaan. Kalau engkau ingin membangun manusia rohmu,

Anda harus belajar mematikan kedaginganmu dan membangun manusia roh. Namanya membangun perlu biaya, perlu tenaga, perlu pengorbanan dan perlu waktu. Mulailah dari hari ini, jangan tunda lagi, maka engkau akan melihat perbedaan hasil di masa depanmu.

Elia Paul Ang dalam Inspirative Power Ministry.

Berita Terkait

Harga Velg Mobil Velg Mobil Modifikasi Mobil Spooring Mobil Finish Balance Harga Ban