Indonesia - English

KDRT

KDRT

Kekerasan dalam rumah tangga, hampir setiap hari saya mendengar berita mengenai korban KDRT baik secara langsung maupun berita di media. KDRT ini ada yang berupa siksaan fisik, tetapi juga siksaan secara mental dalam bentuk intimidasi maupun bentuk lainnya, seperti istri dijadikan pembantu dan tidak dinafkahi. Seharusnya dalam rumah tangga ya saling gotong royong dan tanggung jawab menafkahi adalah tanggung jawab sang suami.

Ada fakta yang sangat mengejutkan saya, bahwa ada juga KDRT yang dilakukan istri terhadap suami. Suami dipukul istri, dianiaya istri, juga suami menjadi sasaran tembak kemarahan istri, istri terlalu dominan sehingga selalu mengorbankan kepentingan suami, apa saja yang dilakukan suami tidak pernah benar, sebagus apapun. Saya sampai terheran heran mendengar berita ini dan kejadian in sangat banyak terjadi, ini adalah fakta. Kenapa KDRT bisa terjadi. Tentulah ada masalah kejiwaan yang belum terselesaikan dari pelaku KDRT di masa lalu atau sebagai pelampiasan rasa tertekan pelaku dan KDRT menjadi ajang pelampiasan kekesalan yang dia pernah atau sedang alami. KDRT juga bisa terjadi karena pasangan yang terlalu menuntut sehingga pelaku menjadi sangat tertekan. Alasan apapun KDRT tidak dapat dibenarkan. Ini bukti bahwa manusia memerlukan orang lain untuk melepaskan kekesalannya, perlu seorang conselor agar kasus KDRT ini tidak berlanjut. Kalau KDRT dibiarkan terjadi terus, ini sangat berbahaya untuk kejiwaan pelaku dan korbannya.Juga sangat berpotensi mengakibatkan kejadian yang lebih fatal lagi hingga ke pembunuhan sadis.

Kalau Anda mengalami situasi kejiwaan seperti itu, jangan Anda segan segan mencari cuonselor atau psychiatrist, Anda sangat memerlukan bantuan mereka Jangan terus berkata saya bukan orang gila, memang Anda tidak gila seperti yang suka tertawa atau menangis sendiri, tetapi ada kemarahan yang membara dalam jiwa Anda terhadap situasi apapun yang terjadi di sekeliling Anda. Kejadian kecilpun dapat meledakkan amarah yang besar yang tak terkendali. Gejala ini adalah gejala kejiwaan yang tidak seimbang yang perlu disembuhkan, Anda perlu pengobatan dan rehabilitasi untuk menormalkan kondisi jiwa yang sangat emosional, Anda butuh ketenangan. Kalau tidak disembuhkan, tidak menutup kemungkinan pelaku atau korban atau kedua duanya akan menjadi gila. Salah satu bentuk pengobatan misalnya meminum obat hypertensi dari resep dokter kalau penyebabnya adalah problem hypertensi. KDRT itu sudah jelas masalah kejiwaan, sehingga perlu penanganan serius, perlu adanya pertobatan sehingga emosi yang tak terkendali itu dapat diangkat dari kehidupan Anda dan tidak lagi membelenggu kejiwaan Anda dengan demikian kita dapat lebih tenang dan bahagia di dalam menjalankan kehidupan kita. Anda mungkin tidak menyadari bahwa keluarga Anda selama ini sangat tertekan dengan kondisi emosi Anda, hanya saja mereka takut pada Anda, atau bahkan beberapa sudah merencanakan mau bercerai. Saya mengenal beberapa orang yang memiliki problem sangat besar di emosi.

Di dalam setiap komunikasi, selalu meledak ledak, kecurigaan terhadap segala sesuatu sangat tinggi, tidak bisa mempercayai orang lain dalam segala hal. Apapun komunikasinya selalu disambar dengan emosi yang membara. Orang seperti ini memiliki jiwa asosial yang tinggi, tidak bisa bergaul dengan orang lain. Maaf, Saya suka menonton acara Dog Whisperer, dalam acara itu sering saya saksikan anjing yang juga memiliki problem kejiwaan asosial yang tidak bisa bergabung dengan anjing lainnya, bahkan sangat berbahaya bila bertemu manusia, sifat liarnya begitu kuat, namun pelajaran pentingnya, anjing saja memerlukan therapy, ternyata Caesar memiliki tekhnik yang luar biasa di dalam menaklukkan emosi kejiwaan anjing. Jadi sekali lagi saya mohon maaf, saya hanya mau ambil kesimpulan, anjing saja dapat dipulihkan emosinya walau bahasanya tidak kita pahami, apalagi manusia yang lebih berakal budi dan bahasanya kita bisa pahami, pasti dengan therapy yang ada dapat disembuhkan.

Kalau Anda punya problem di sana, jangan malu. Lebih baik belajar rendah hati dari pada kita menyaksikan kehancuran rumah tangga kita, itu lebih mahal harganya. Rumah tangga kita memerlukan Yesus, agar pemulihan dapat terjadi. Kasus ini sangat banyak terjadi, namun banyak terselubung karena takut diketahui kerabat kalau keluarga tersebut memiliki problem di sana. Kondisi yang ditutup tutupi ini akan siap meledak sewaktu waktu. Saya perhatikan ada beberapa pemicu besar :

1) Pasangan yang terlalu possesive, mengakibatkan menjadi pencemburu dan tidak mudah percaya, sehingga pasangan kita menjadi serba salah dalam setiap geraknya. Doa saja minta Roh takut akan Tuhan menyertai pasangan kita dan mulai belajar mempercayai dia. Arahkan energy negative Anda yang possesive ke arah energy positive, memberi motivasi untuk pasangan Anda lebih mencapai kesuksesannya.

2) Pasangan yang terlalu kikir, walaupun sebenarnya secara financial mereka tidak ada masalah, tetapi suami tidak menafkahi istri, atau uang digunakan untuk perselingkuhan atau juga untuk investasi yang terlalu memaksakan diri sehingga mengorbankan kepentingan keluarga. Ingat keluarga adalah investasi terbesar kita, kalau kita salah investasi, kehancuran besar menanti Anda.

3) Akibat dari masa lalu yang belum disembuhkan. Anda adalah korban KDRT di masa lalu dan sekarang tanpa Anda sadari, Anda menjadi pelaku KDRT. Seperti ada dendam yang belum terbalaskan dan Anda mencari pelampiasan ke orang lain atau tanpa Anda sadari teladan yang salah Anda juga gunakan untuk keluarga Anda. Menyadari KDRT adalah dasar yang tidak baik dalam kita menjalin hubungan rumah tangga, mari para pelaku KDRT harus bertobat.

Bisa juga KDRT terjadi karena pasangan yang selalu menjengkelkan Anda. Belajar komunikasi yang lebih sopan, jangan suka menghina, merendahkan, menganggap bodoh atau tidak ada apa apanya pasangan kita, lebih baik berkata positive, agar menjadi kata kata motivasi dan dorong dia untuk dapat menemukan kepercayaan dirinya kalau dia mau berusaha, dia akan mampu sama seperti orang lain, sama seperti suami suami yang lain atau sama seperti istri istri yang lain kalau mau terus berusaha. Juga jangan suka membanding bandingkan dengan orang lain, tuntun mereka menemukan jati diri positive mereka. Hentikan KDRT, Suami atau istri Anda bukanlah sansak pelampiasan emosi Anda, pasangan Anda adalah teman seperjuangan Anda yang terbaik, yang dapat mengerti pergumulan Anda dan siap menolong Anda dalam kondisi apapun. Sadarilah itu, dukunglah, nafkahi sebagai tanggungjawabmu sebagai kepala rumah tangga dan istri layani dengan rasa hormat. Efesus 5:28, 33 28) Demikian juga suami harus mengasihi isterinya sama seperti tubuhnya sendiri: Siapa yang mengasihi isterinya mengasihi dirinya sendiri. 33) Bagaimanapun juga, bagi kamu masing-masing berlaku: kasihilah isterimu seperti dirimu sendiri dan isteri hendaklah menghormati suaminya. Jadi mari kita jaga hubungan ini menjadi harmonis dengan saling mengasihi dan saling menghormati.

Elia Paul Ang dalam Inspirative Power Ministry.

Berita Terkait

Harga Velg Mobil Velg Mobil Modifikasi Mobil Spooring Mobil Finish Balance Harga Ban