Indonesia - English

PERPISAHAN

Perpisahan selalu meninggalkan kesedihan. Tapi anehnya, kebanyakan dari kita saat berkumpul sering bertengkar atau berselisih pendapat dalam banyak hal, mulai dari yang kecil misal cara memakai gelas, ada yang setiap kali mau minum, selalu mengambil gelas baru sehingga cucian menumpuk atau masalah menaruh kunci sembarangan sehingga setiap kunci di cari selalu membuat repot seisi rumah, sampai urusan yang lebih besar kita berbeda pandangan dan penanganan, sehingga kita bisa menjadi jengkel. Padahal hasil kerja yang diharapkan sama, tapi kita selalu memprotes proses yang menurut kita tidak cerdas, terlalu berbelit belit, tidak efisien dan berbagai alasan lainnya. Saat seseorang yang dekat dengan kita meninggalkan kita untuk berpisah, barulah kita menyadari arti pentingnya kehadiran dia di dekat kita, kita mulai merasa sedih, bahkan mulai menganggap perlunya menerima perbedaan yang ada selama ini yang seharusnya kita masih bisa tolerir kalau kita belajar sedikit lebih sabar. Kenangan yang indah sering tiba tiba membuat saat perpisahan itu menjadi sangat berat dan sentimentil, tapi apa daya, perjuangan kehidupan harus terus berjalan, tugas, pekerjaan, study membuat kita harus memutuskan untuk berpisah demi menyongsong masa depan yang lebih baik. Perpisahan antar saudara, perpisahan anak dan orang tua, perpisahan dengan sahabat, perpisahan antara suami dan istri yang bukan karena bercerai, tetapi karena tugas dan kewajiban pekerjaan. semuanya membuat kita merasa kehilangan yang mendalam. Banyak sekali suami dan istri terpaksa harus berjauhan karena suami atau istrinya harus bekerja ke luar kota bahkan ke luar negeri. Kondisi hubungan ini akan sangat berat dan kurang baik. Tapi tugas tidak bisa ditinggalkan, sebagai contoh seorang yang menjadi pelaut, mereka harus bepergian berbulan bulan meninggalkan keluarganya, atau menjadi TKI, harus rela bertahun tahun meninggalkan keluarga. Banyak pengorbanan dilakukan demi mencari nafkah, bahkan beresiko keutuhan rumah tangga terancam. Kebanyakan dari mereka adalah orang yang merasa sudah tidak ada peluang pekerjaan lain untuk dirinya di Indonesia, sehingga mereka membulatkan tekad pergi ke negeri yang jauh. Atau mereka mendapat peluang lain, namun hasilnya terlampau kecil dan dia melihat kesempatan dan peluang dirinya justru ada di luar negeri.

Kalau falsafah Jawa berkata, makan atau tidak makan tidak masalah asal kumpul. Rupanya falsafah inipun tidak cukup kuat untuk menahan kita untuk tidak berpisah. Hidup adalah sesuatu yang harus diperjuangkan. Perjuangan butuh pengorbanan. Ada yang harus berpisah selama beberapa minggu bahkan bulan tapi ada juga yang berpisah untuk beberapa tahun, bahkan belum ketahuan bisa bertemu lagi berapa tahun kemudian. Namun kesedihan saat ini tidak seperti di zaman Siti Nurbaya. Kini tekhnology telah dapat membuat yang jauh menjadi dekat dan yang dekat menjadi jauh. Kehidupan kita sangat dipengaruhi oleh dunia maya. Jarak yang ribuan mil menjadi hanya sejauh tombol HP atau laptop. Namun itu semua adalah dunia maya. Anak anak bisa berbicara dengan orang tuanya yang ribuan mil dengan mudahnya dan murah bahkan gratis. Kalau kendala jarak memang tidak bisa dihindari, berusahalah untuk tetap membina hubungan dengan tekhnology informasi yang ada. Jangan sampai karena jarang berkomunikasi kalian menjadi seperti orang asing. Khususnya untuk suami istri, berdoalah untuk situasi ini tidak terlalu lama kalian alami, minta Tuhan buka jalan kalian dapat disatukan kembali. Entah pekerjaan yang di luar yang terbuka, entah pekerjaan yang di Indonesia yang terbuka, semua harus berjuang untuk mendapatkan kembali keluarganya bisa bersatu.

Coba kita mulai kembali mencatat kekuatan kita, buat daftarnya, lalu doakan, dengan strenght kita yang ada, apa saja yang kita dapat lakukan. Jangan terlalu pendek daftar Anda, renungkan sampai Anda menemukan. Kalau terlalu banyak, mulailah focus pada yang paling unggul. Anda juga bisa menambahkan hobby dan minat/passion sebagai kekuatan Anda. Misalnya hobby memasak, dekorasi, merangkai bunga, Memelihara ternak, bercocok tanam, interior design dan sebagainya. Setelah Anda menemukan, doakan dan diskusikan dengan orang orang yang mampu memberi pemikiran pada kita untuk menggali potensi ini agar bisa menjadi mata pencarian yang baik bagi Anda. Setelah Anda menemukan bertindaklah dengan penuh keyakinan, Anda akan berhasil. Temukan orang orang yang dapat terus memotivasi Anda untuk terus bergerak atau membantu pemasarannya. Lakukan dan Anda akan kaget bahwa Anda bukanlah manusia yang lemah seperti yang Anda duga sebelumnya. Yakobus 2:26 Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati. Walau kita memiliki strenght cukup banyak, tetapi kalau kita tidak pernah bertindak, maka strenght kitapun tidak akan mampu menolong diri kita sendiri. Tindakan kecil dan tekun adalah awal yang baik untuk kita menggali kekuatan kita itu. Semua harus dibangun dan dicoba, kalau memang kalkulasi kita menunjukkan bahwa kita bisa menjadi lebih baik dengan tindakan itu.

Mulailah susun rencana langkah langkah hidup Anda. Mimpikan keluarga Anda bersatu kembali, pekerjaan seharusnya menjadi berkat untuk keluarga kita, bukannya penyebab bencana dan perceraian. Selama Anda dipercayakan pekerjaan, jagalah dengan hati yang tulus, jangan dirusak oleh egoisme kita, hawa nafsu atau keserakahan, karena itu akan membuat pekerjaan kita justru menjadi becana buat kita. Cintai pekerjaan itu dan kitapun akan mendapat reaksi balik yang positive, dicintai pekerjaan itu, kita menjadi ahli dan akhirnya keberhasilan akan menjadi milik kita. Tetapi kalau Anda tidak mencintai pekerjaan Anda atau bahkan mengutukinya, maka Anda tidak akan pernah menghasilkan pekerjaan yang maksimal. Anda sendiri yang rugi. Apalagi kalau Anda memusuhi pekerjaan Anda, hasilnya Anda akan dipecat dan sulit mendapatkan pekerjaan lagi, karena Anda sudah merusak masa depan Anda sendiri dengan memutus hubungan baik dengan sahabat Anda. Anda menyia nyiakan kesempatan Anda sendiri. Cintai pekerjaanmu dan pekerjaan itupun akan mencintai Anda, menghasilkan untuk Anda. Anda tidak berhasil mencintainya, minta Tuhan tunjukkan yang lebih baik demi masa depan Anda, tetapi jangan memusuhi sahabat Anda. Tambah sahabat penting, tambah musuh jangan, kurangi musuh wajib, karena sahabat sahabat itu adalah alamat berkat Tuhan untuk kita. Merekalah yang selalu mengingat kita ketika kesempatan untuk kita tiba.

 

Elia Paul Ang dalam Inspirative Power Ministry.

Berita Terkait