Indonesia - English

BENIH

BENIH

Segala sesatu yang ada di dunia ini selalu dimulai dengan hal kecil, benih. Masalahnya banyak orang tidak sabar menunggu benih itu tumbuh. Semua orang ingin segala sesuatu serba instant, instant jadi tentu juga akan instant bubarnya, karena pondasi pondasinya belum disusun dengan rapi.

Kopdar Sabtu, 22 juni 2013 kami mendengar presentasi kisah sukses YDBA oleh Bapak Henry Widjaja bersama Bapak Iqbal, sungguh komunitas kami sangat diberkati, juga kami merasakan respon dari komunitas yang semakin hari semakin terasa gairahnya. Dalam sharingnya pak Henry Widjaja sempat membacakan beberapa kali puisi nan indah, tentulah ini hasil dari perenungan mendalam Beliau, kami terkesan dengan perenungannya. Saya menyimpulkan bahwa tidak ada kesuksesan yang terjadi dalam semalam. Pelayanan YDBA yang membanggakan,  telah mereka rintis 33 tahun yang lalu dan telah berdampak luas. Visi dan misi mereka telah mengalami penyempurnaan demi penyempurnaan. Apakah semua perjalanan berhasil? Tentulah tidak sehingga perlu adanya refocus. Semua berjalan dalam suatu proses. Ketekunan, keuletan dan konsistensi itulah yang membuat kita dapat menemukan arah pelayanan kita semakin tajam. Saya menyarankan komunitas IPM yang belum sempat bergabung dalam Kopdar, siapkan dirimu untuk Kopdar kopdar berikutnya karena kita akan semakin diperlengkapi dengan kerjasama dengan foundation foundation yang ada di Indonesia bahkan mancanegara. Bukankah Kopdar hanya sebulan sekali, jadi tidak akan menyita banyak waktu kita, tetapi akan sangat banyak membuka wawasan kita. Tentulah untuk membangun wawasan kita ada harga, ada pengorbanan dari kita dan pengorbanan itu sangat kecil, hanya menyita ½ hari waktu Anda untuk kita menyimpulkan bersama sama apa saja yang komunitas kita butuhkan untuk kemajuan bersama. Jangan abaikan kekuatan komunitas, dengan kebersamaan segala sesuatu mungkin dicapai.

Kehidupan itu berjalan tentulah ada keberhasilan dan ada kegagalan, ada terobosan dan kadang juga ada kebodohan yang kita lakukan sehingga dapat menggagalkan atau merugikan kita, tetapi semuanya adalah proses pembelajaran. Seperti benih yang ditanam, benih itu akan mengalami terpaan dan kerasnya alam. Terkadang terik Matahari yang begitu menyengat, terkadang terkena hujan lebat bahkan beresiko banjir yang dapat mematikan sebagian pertumbuhan dari benih yang kita tanam itu. Sebagian tumbuh, sebagian gugur, itu adalah seleksi alam, jadi dalam menabur benih, jangan berhemat hemat, selagi kita dapat menabur benih dalam jumlah banyak, taburlah karena akn tiba waktunya tenaga kita habis dan kita tidak mampu lagi menabur benih. Seharusnya waktu itulah adalah waktu kita menuai buah buah dari semua benih yang kita telah tabur.

Ternyata, kebersamaan dapat menciptakan suatu pekerjaan yang sangat besar. Saya sebenarnya malas membaca Koran karena akhir akhir ini berita di Koran bukanlah berita baik, sebagian besar berita adalah berita buruk, justru membuat kita menjadi pesimis dengan bangsa ini, saya prihatin dengan pers kita yang lebih suka memuat berita buruk, seharusnya berita berita yang dimuat yang menginspirasi, bukan berita berita kekerasan, politis yang tidak mendidik; tetapi ternyata saya menemukan ada 1 berita yang menggelitik hati saya, ini berita sangat baik, saya membaca di Kompas 17 Juni 2013, di halaman 14 ada artikel yang berjudul “Gerakan Komunitas Jadi Solusi”. Ini yang selama ini ada dipikiran saya, seharusnya kita memiliki komunitas yang cerdas yang memberi solusi untuk permasalahan bangsa.  Di Kompas ini dikisahkan mengenai suatu komunitas yang mengubah pemukiman kumuh menjadi kawasan yang sangat nyaman yang tertata dengan apik, bahkan menjadi tempat shooting film film Internasional, nama tempatnya adalah Thames River. Awalnya penataan kawasan kumuh itu ditentang warga, namun melalui pendekatan pendekatan, mereka mulai memahami, bahkan mereka mulai patungan mengumpulkan dana untuk membeli tanah seluas 13 hektar. Mereka yang tinggal disekitar kawasan tidak mengalami penggusuran, melainkan peningkatan kehidupan, mereka mendapat manfaat sehingga mereka dengan rela mendukung dan sukseslah gerakkan komunitas itu. Seharusnya media dan pers lebih focus untuk pembangunan dan memberi nilai nilai positive agar kemajuan kota kita, Negara kita dapat bermanfaat oleh kehadiran media dan pers, bukannya diteror berita berita yang menakutkan yang akan menghancurkan dasar mental masyarakat di Indonesia, sehingga kita menjadi hopeless tinggal di Indonesia. Kalau Anda orang media, mulaiah bangkit dan bangun pengaruh positive untuk negeri ini. Tidak ada dasar pembangunan yang di mulai dari dasar negative akan membuat bangunan menjadi kokoh. Tetapi haruslah Anda membangun dengan dasar dasar optimisme, positive thinking dan rasa takut akan Tuhan, sebagai hormat kita pada Sang pencipta yang Agung.

Benih itu tidak dapat dibiarkan tumbuh dengan liar, tetapi perlu orang orang yang menjadi person incharge untuk memupuk, memelihara, menyiangi rumput rumut dan menghalau hama hama yang ada sehingga benih itu dapat bertumbuh dengan subur, berbuah lebat dan bernas.

Ada teman kita Jun Jun berkisah dalam Kopdar kemarin, bahwa manusia yang hidup hanya untuk dirinya sendiri, tidak beda dengan binatang, karena binatang juga hidup untuk dirinya sendiri. Justru yang dapat membedakan kita dengan binatang adalah rasa peduli kita dengan komunitas kita, peran aktif kita yang membuahkan hasil. Saya setuju dengan Jun Jun, karena hidup kita kalau tidak berbuah, Tuhan sendiri berkata akan dibuang ke dalam api yang menyala nyala. Ingat kisah pohon ara yang dikutuk Yesus, Yesus begitu marah dengan hanya pohon ara yang tidak berbuah, apalagi umat manusia yang tidak berbuah, hanya hidup untuk dirinya sendiri, saya yakin Yesus lebih besar marahNya. Bertobatlah hidup dalam keegoisanmu, mulailah bergabung dalam komunitas yang dapat membuat kita berbuah buah lebat, berdampak untuk kehidupan kekal, pikirkan dan putuskan masa depan anda dan mulailah menabur benih terbaik yang Anda miliki agar buahnya, manisnya dapat dinikmati semua orang. Anda memiliki kemampuan yang luar biasa tetapi tidak dimanfaatkan, itu semua akan sia sia, tetapi kalau Anda berikan untuk pelayanan masyarakat, itu akan sangat berdampak luas dan akan banyak orang dating berterima kasih pada Anda karena pekerjaan ANda mengubahkan kehidupan mereka menjadi lebih baik.

Elia Paul Ang dalam Inspirative Power Ministry. 

Berita Terkait

Harga Velg Mobil Velg Mobil Modifikasi Mobil Spooring Mobil Finish Balance Harga Ban