Indonesia - English

BERPIKIRLAH MELAMPAUI ZAMAN

Berpikirlah melampaui zaman kita sekarang, baik untuk kepentingan orang lain maupun untuk kepentingan diri sendiri dan keluarga kita.

Banyak penemu-penemu berhasil menemukan temuannya karena mereka berpikir untuk kepentingan orang lain. Mereka berpikir bagaimana orang dapat bepergian dengan perjalanan yang dipersingkat, sehingga mereka menemukan mobil dan sepeda motor, tetapi ternyata menggunakan mobil dan motor penumpangnya sangat terbatas, mereka mulai berpikir kembali dan terciptalah kereta api. Dimana kereta api dapat membawa penumpang secara massal. Benar kereta api dapat membawa banyak penumpang secara massal, namun waktu tempuh sangatlah lama, mereka menciptakan pesawat. Pesawat tidak ditemukan dalam waktu semalam, karena pengrtahuan para inovator yang sangat terbatas. Perlu puluhan tahun untuk menyempurnakan dari seorang ahli ke ahli lainnya. Kegagalan ahli sebelumnya dipelajari dan disempurnakan oleh ahli generasi berikutnya. Banyak korban meninggal selama percobaan menerbangkan pesawat, ternyata selain membuat mesin dapat terbang, tehnik menjadi pilotpun menjadi penentu pesawat dapat terbang dengan selamat. Walau banyak korban meninggal, para ahli tidak pernah menyerah untuk membuktikan bahwa ilmu mereka adalah benar. Inovasi terus berlanjut, bahkan bukan hanya dapat menerbangkan manusia melintasi benua, tapi dapat membawa manusia ke ruang angkasa dan menjadi kendaraan untuk peluru kendali, menerbangkan rudal, dimana rudal dapat menemukan sasarannya dengan tepat dari jarak jauh. Juga pesawat dapat menerbangkan pesawat pengintai tanpa awak. Semua tekhnology ini berkembang karena ada orang orang yang berpikir melampaui zamannya.

Bagaimana orang yang tinggalnya berjauhan tetap dapat saling berhubungan dan mendengar beritanya, terciptalah telepon, handphone (langsung pada orang yang dituju), Blackberry, email. Skype, live streaming dan masih banyak lainnya, dunia komunikasi bergerak dengan sangat cepat.

Bagaimana kita dapat mendengar berita langsung dari tempat kejadian, terciptalah televisi, radio, website, youtube.

Bagaimana orang dapat bekerja dimanapun dia berada, terciptalah laptop, i-pad, smartphone, e-book, book reader, pen reader. Asungguh manusia diberi kemampuan yang maha dahsyat oleh Tuhan.

Kalau kita membuka wawasan kita, dan kita mulai memikirkan apa yang kita dapat temukan untuk menolong sesama kita, kita akan bisa menjadi salah satu dari mereka, para inovator yang sangat berjasa bagi dunia. Tidak semua penemuan skalanya besar, tetapi penemuan kecilpun yang bermanfaat pastilah dicatat di dalam sejarah. Coba Anda pikir, siapa yang menemukan kertas tissue? Begitu simplenya, tetapi sekarang seluruh dunia mengakui dan memakainya, mengakui mereka memerlukan dan memakainya. Dimana mana kertas tissue ada di hotel berbintang, restoran, warung, toilet, rumah rumah sederhana hingga istana yang mewah, kertas tissue ada di sana. Tidak ada  orang yang dapat menyangkali akan pentingnya keberadaan kertas tissue.

Bagaimana kita dapat mempermudah hidup seseorang di masa depan, dengan dasar  pemikiran seperti itulah banyak inovator menemukan tenemuannya yang  dapat mempermudah hidup kita saat ini. Kitapun dengan pemikiran seperti ini juga dapat menjadi inovator inovator berikutnya yang mempermudah generasi kita ke depan.

Amsal1:20

(20) Hikmat berseru nyaring di jalan-jalan, di lapangan-lapangan ia memperdengarkan suaranya,

Orang yang bergaul karib dengan Tuhan akan menjadi  inovator inovator berikutnya. Andakah atau sayakah itu? Mari kita mulai berpikir melampaui zaman kita.

Berita Terkait